Førum | Narasi™ | Nada Keras Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Førum | Narasi™ | Nada Keras Indonesia

Komunitas | Acara | Musik | Video | Picture | Free Download Mp3: Punk, Metal, Hardcore dan Gothic Indonesia
 
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN 1210  IndeksIndeks  GalleryGallery  PencarianPencarian  Latest imagesLatest images  Festival Musik  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
May 2024
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
Latest topics
» MOvie Garasi!
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby desirehan 24.07.13 20:48

» JAKARTA BAWAH TANAH MINGGU 9 JUNI 2013
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 24.03.13 0:06

» Sound of Freedom & Ground Attack at Lapangan Kolam Renang Gelora Bung Karno Senayan Jakarta HTM Presale Rp. 25.000,- On the spot Rp. 35.000,- # Saturday 30 March 2013 from 2pm till end :
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 24.03.13 0:01

» GETAH Present : "CILILIN TERIAK #4" 24 Maret 2013 @ Bumper Curug Sawer Cililin Bandung Barat
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:58

» HELLPRINT Proudly Present "HELLPARTY - QUEEN OF PASSION" Minggu, 24 Maret 2013 Indoor Pos 4 - Lanud Sulaiman Bandung Mulai Jam 10.00 - 19.30 WIB
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:57

» Scream Warriors Family Proudly Present "LAWAN PERBEDAAN #2" 24 maret 2013 @ Karamba Cafe (Jln.Sultan Tirtayasa No.26 Dago-Bandung)
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:56

» GRAFIAST Proudly Present : "UNDERSHAPING FEST" 24 maret 2013 @ Gor Adiarsa Karawang
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:55

» STRAIGHT THINK AGAIN Present : "UNITE ALL FORCES" 31 Maret 2013 @ Elang 96 M.Studio (Jl.Abdulrahman Shaleh No.98 Husein Bandung)
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:54

» "BANDUNG BERISIK MMXIII" - VERSUS THE WORLD - SABTU, 13 APRIL 2013 STADION SILIWANGI BANDUNG
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:53

» TERROR CORNER RECORDS PRESENT : "ALBUM LAUNCHING 1st MEDUSA - BETWEEN LOVE AND PAIN" 14 April 2013 @ Swarga Cafe - Jln.Deponegoro No.25 Bandung
PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Emptyby ralqis 23.03.13 23:52

Keywords
jaka sembung ralqis

Førum | Narasi™ | Nada Keras Indonesia


Share
 

 PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ralqis
[[ INDIGO ]]
[[ INDIGO ]]
ralqis

Male Snake
Post : 1003
IDR : 1333113
Bank : 79994
Age : 35
Lokasi : DEPOK
Job/hobbies : Hacking

PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Empty
PostSubyek: PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN   PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN Empty16.10.12 8:28

Merupakan terapan dari filsafat umum, maka selama membahas filsafat pendidikan akan berangkat dari filsafat.
Filsafat pendidikan pada dasarnya menggunakan cara kerja filsafat dan akan menggunakan hasil-hasil dari filsafat, yaitu berupa hasil pemikiran manusia tentang realitas, pengetahuan, dan nilai.

Dalam filsafat terdapat berbagai mazhab/aliran-aliran, seperti materialisme, idealisme, realisme, pragmatisme, dan lain-lain. Karena filsafat pendidikan merupakan terapan dari filsafat, sedangkan filsafat beraneka ragam alirannya, maka dalam filsafat pendidikan pun kita akan temukan berbagai aliran, sekurang-kurnagnya sebanyak aliran filsafat itu sendiri.
Brubacher (1950) mengelompokkan filsafat pendidikan pada dua kelompok besar, yaitu:
a. Filsafat pendidikan “progresif”
Didukung oleh filsafat pragmatisme dari John Dewey, dan romantik naturalisme dari Roousseau
b. Filsafat pendidikan “ Konservatif”.
Didasari oleh filsafat idealisme, realisme humanisme (humanisme rasional), dan supernaturalisme atau realisme religius.

Filsafat-filsafat tersebut melahirkan filsafat pendidikan esensialisme, perenialisme,dan sebagainya.

Berikut aliran-aliran dalam filsafat pendidikan:
1. Filsafat Pendidikan Idealisme
memandang bahwa realitas akhir adalah roh, bukan materi, bukan fisik.
Pengetahuan yang diperoleh melaui panca indera adalah tidak pasti dan tidak lengkap. Aliran ini memandang nilai adalah tetap dan tidak berubah, seperti apa yang dikatakan baik, benar, cantik, buruk secara
fundamental tidak berubah dari generasi ke generasi. Tokoh-tokoh dalam aliran ini adalah: Plato, Elea dan Hegel, Emanuael Kant, David Hume, Al Ghazali.

2. Filsafat Pendidikan Realisme
merupakan filsafat yang memandang realitas secara dualitis. Realisme berpendapat bahwa hakekat realitas ialah terdiri atas dunia fisik dan dunia ruhani. Realisme membagi realitas menjadi dua bagian, yaitu subjek yang menyadari dan mengetahui di satu pihak dan di pihak lainnya adalah adanya realita di luar manusia, yang dapat dijadikan objek pengetahuan manusia. Beberapa tokoh yang beraliran realisme:
Aristoteles, Johan Amos Comenius, Wiliam Mc Gucken, Francis Bacon, John Locke, Galileo, David Hume, John Stuart Mill.

3. Filsafat Pendidikan Materialisme
berpandangan bahwa hakikat realisme adalah materi, bukan rohani, spiritual atau supernatural. Beberapa tokoh yang beraliran materialisme: Demokritos, Ludwig Feurbach.

4. Filsafat Pendidikan Pragmatisme
dipandang sebagai filsafat Amerika asli. Namun sebenarnya berpangkal
pada filsafat empirisme Inggris, yang berpendapat bahwa manusia dapat mengetahui apa yang manusia alami. Beberapa tokoh yang menganut filsafat ini adalah: Charles sandre Peirce, wiliam James, John Dewey, Heracleitos.

5. Filsafat Pendidikan Eksistensialisme
memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu. Secara umum, eksistensialisme menekankn pilihan kreatif, subjektifitas pengalaman manusia dan tindakan kongkrit dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk hakekat manusia atau realitas. Beberapa tokoh dalam aliran ini: Jean Paul Satre, Soren Kierkegaard, Martin Buber, Martin Heidegger, Karl Jasper, Gabril Marcel, Paul Tillich.

6. Filsafat Pendidikan Progresivisme
bukan merupakan bangunan filsafat atau aliran filsafat yang berdiri sendiri, melainkan merupakan suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang.
Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Beberapa tokoh dalam aliran ini : George Axtelle, william O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B.Thomas, Frederick C. Neff.

7. Filsafat Pendidikan esensialisme Esensialisme
adalah suatu filsafat pendidikan konservatif yang pada mulanya dirumuskan sebagai suatu kritik pada trend-trend progresif di sekolah-sekolah.
Mereka berpendapat bahwa pergerakan progresif telah merusak standar-standar intelektual dan moral di antara kaum muda. Beberapa tokoh dalam aliran ini: william C. Bagley, Thomas Briggs, Frederick Breed dan Isac L. Kandell.

8. Filsafat Pendidikan Perenialisme
Merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Mereka menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. Perenialisme memandang situasi dunia dewasa ini penuh kekacauan, ketidakpastian, dan ketidakteraturan, terutama dalam kehidupan moral, intelektual dan sosio kultual. Oleh karena itu perlu ada usaha untuk mengamankan ketidakberesan tersebut, yaitu dengan jalan menggunakan kembali nilai-nilai atau prinsip-prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kukuh, kuat dan teruji. Beberapa tokoh
pendukung gagasan ini adalah: Robert Maynard Hutchins dan ortimer Adler.

9. Filsafat Pendidikan rekonstruksionisme
merupakan kelanjutan dari gerakan progresivisme. Gerakan ini lahir didasarkan atas suatu anggapan bahwa kaum progresif hanya memikirkan dan melibatkan diri dengan masalah-masalah masyarakat yang ada sekarang. Rekonstruksionisme dipelopori oleh George Count dan Harold Rugg pada tahun 1930, ingin membangun masyarakat baru, masyarakat yang pantas dan adil. Beberapa tokoh dalam aliran ini:Caroline Pratt, George Count, Harold Rugg.

Fenomena ”Hidup Lebih Maju”
Setiap orang, pasti menginginkan hidup bahagia. Salah satu diantaranya yakni hidup lebih baik dari sebelumnya atau bisa disebut hidup lebih maju. Hidup maju tersebut didukung atau dapat diwujudkan melalui pendidikan. Dikaitkan dengan penjelasaan diatas, menurut pendapat saya filsafat pendidikan yang sesuai atau mengarah pada terwujudnya kehidupan yang maju yakni filsafat yang konservatif yang didukung oleh sebuah idealisme, rasionalisme(kenyataan). Itu dikarenakan filsafat pendidikan mengarah pada hasil pemikiran manusia mengenai realitas, pengetahuan, dan nilai seperti yang telah disebutkan diatas. Jadi, aliran filsafat yang pas dan sesuai dengan pendidikan yang mengarah pada kehidupan yang maju menurut pikiran saya yakni filsafat pendidikan progresivisme (berfokus pada siswanya). Tapi akan lebih baik lagi bila semua filsafat diatas bisa saling melengkapi.
Kembali Ke Atas Go down
https://twitter.com/ralqis_ https://www.facebook.com/ralqis.finally.depression
 

PENGERTIAN dan ALIRAN - ALIRAN dalam FILSAFAT PENDIDIKAN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Førum | Narasi™ | Nada Keras Indonesia :: ◀◊⊱▬▬▬▬▬▬▬► [ SPECIAL ROOM ] ◀▬▬▬▬▬▬▬⊰◊► :: [ EDUCATION and SCIENCE ]-
The contents of this webpage are copyright ©2012. All Rights Reserved by Ralqis| Corporate Themes by hitskin